Salam Hangat dari Blogger Bogor Barat
SDN Calingcing Kecamatan Sukajaya Kabupaten Bogor 16660 -Jawa Barat,
calingcing, Senin 27 Oktober 2014
Kali ini Blog SDN Calingcing UPT Pendidikan XXXV Sukajaya 16660 akan share tentang " Cara Mudah Belajar Rumus MS EXEL dengan Cepat "
Microsoft /Ms Excel tak lepas dari rumus rumus excel yang paling sering digunakan dalam
pekerjaan yang berkaitan dengan pengelolaan data office. kita tahu sendiri kanrumus
excel sangat
bervariasi dan banyak banget. Buat sobat ilmuonline yang lagi mbutuhin rumus
Ms excel untuk
keperluan kerjaan atau hanya sekedar mau belajar Ms excel bisa di simak
penjelasan singkat saya di bawah ini :
1.
SUM
Rumus
SUM ini paling sering di gunakan, fungsi utamanya adalah untuk penjumlahan
/menjumlahkan. Misal :
=SUM(B12:B25)
artinya menjumlahkan data di kolom B12 sampai B25
2.
AVERAGE
=
AVERAGE(D7:E7) artinya menngambil nilai rata-rata dari D7 sampai E7.
3. AND
Fungsi
Menghasilkan nilai TRUE jika semua argument yang di uji
bernilai BENAR DAN FALSE jika semua atau salah satu argument bernilai SALAH.
Contoh
kasus : Peserta ujian dinyatakan lulus jika nilai ujian teori dan praktik
masing-masing harus di atas 7, jika kurang dari 7 maka dinyatakan gagal.
4.
NOT
Fungsi
not kebalikan dari fungsi AND, yakni menghasilkan TRUE jika kondisi yang di uji
SALAH dan FALSE jika kondisi yang di uji BENAR
5. OR
Fungsi
Menghasilkan TRUE jika beberapa argument bernilai BENAR dan FALSE jika semua
argument SALAH
6.
SINGLE IF
Fungsi
Menguji kebenaran suatu kondisi, contoh kasus
7.
MULTI IF
Fungsi
hampir sama dengan fungsi IF akan tetapi di ambil dari dua kondisi. contoh
kasus
8.
AREAS
Fungsi
Menampilkan jumlah area (range atau sel) dalam suatu referensi (alamat sel atau
range yang di sebutkan). Contoh
kasus
9.
CHOOSE
Fungsi
Menampilkan hasil pilihan berdasarkan nomor indeks atau urutan pada suatu
referensi (VALUE) yang berisi data teks, numeric, formula atau nama range.
10.
HLOOKUP
Fungsi
Menampilkan data dari sebuah tabel yang disusun dalam format mendatar. syarat
penyusunan tabel ; data pada baris pertama harus berdasarkan urutan dari kecil
ke besar /menaik. misal ; 1,2,3,4…. atau huruf A-Z. Jika anda sebelumnya
mengetikkan secara acak silhakan urutkan dengan menu Ascending. contoh kasus
11.
VLOOKUP
Fungsi
menampilkan data dari sebuah tabel yang disusun dalam format tegak atau
vertikal. syarat penyusunan tabel data pada baris pertama harus
berdasarkan urutan dari kecil ke besar /menaik. misal ; 1,2,3,4…. atau huruf
A-Z. Jika anda sebelumnya mengetikkan secara acak silhakan urutkan dengan menu
Ascending. contoh kasus
12.
MATCH
Fungsi
menampilkan posisi suatu alamat sel yang di tetapkan sebelumnya yang terdapat
dalam sekelompok data. contoh kasus
13.
COUNTIF
Fungsinya
untuk menghitng jumlah cell dalam suatu range dengan kriteria tertentu. adapun
rumus yang serng digunakan adalah =COUNTIF(range;kriteria).
Misal
: menghitung jumlah siswa yang tidak lulus ujian /remidi.
=COUNTIF(D1:D45;”remidi”) maka dari contoh tadi keterangan siswa berada di
range D1 sampai D45 dimana keterangannya remidi. maka hasilnya adalah total
siswa yang remidi.
Terimakasih info Tips dan Trik EXELnya
ReplyDelete